Thursday, June 26, 2008

to be rich or to be poor?


Sebenernya dah pengen posting tulisan ini sejak semingguan yang lalu sih, gara-gara ngeliat sebuah kejadian pas mo brangkat ke kampus. Waktu itu jam 9-an pagi aku baru berangkat ke kampus. Nah, pas di daerah rungkut alang-alang (jalan kembar), eh ternyata jalur yang menuju kampusku jalannya ditutup!! Kirain ada acara sarasehan partai apa gitu buat persiapan pemilihan gubernur, soalnya di sepanjang jalan tu banyak banner-banner kampanye salah satu kandidat cagub-cawagub, dan agak di ujung jalan itu ada terop yang lumayan gedhe 'n lumayan banyak orang-orang yang di situ. Ya udah deh, terpaksa lewat jalur yang satu lagi, satu jalan dipake buat dua jalur jadinya ya lumayan macet gitu lah! Karena jalannya lumayan macet ya akhirnya bisa ngeliat ke sebelah kiri, sebenernya ada acara apa sih kok bisa sampe segitunya. And I couldn't believe what I've seen... Di panggung yang lumayan gedhe, ukuran sekitar 3 x 6 meter, ada beberapa orang badut dengan kostum konyolnya lagi meragain sulapan-sulapan aneh. Para penontonnya yang kebanyakan anak-anak kecil ditemenin ma emaknya or siapanya lah, lagi duduk di kursi-kursi penonton yang berlapis kain, kaya' di resto-resto hotel itu lho. Ternyata oh ternyata... itu acara ulang tahun, salah seorang warga situ. Dan yang malah bikin aku gak habis pikir, itu acara ulang tahun pertama! Yap, 1 tahun!!! Gila aja orang yang ngerayain ulang tahun anaknya yang masi baru aja genap berumur 1 tahun dengan acara yang seheboh itu! Emang tuh orok udah tau ya, di sekeliling dia tuh lagi ada acara apaan... huhuhu... Yah, gara-gara gak habis pikir itu pula yang bikin aku hampir aja nyerempet orang yang lagi nyeberang mo kondangan ke acara itu, huehe....

Pilih Kaya atau Miskin?
Nyampe di kampus, aku jadi mikir... Enak juga yak, jadi orang kaya. Mau begini, bisa. Mau begitu, gampang. Pengen barang ini, tinggal ambil. Pengen barang itu, alah beli aja se-tokonya... :) (padahal juga di rumah dah punya). Pernah juga sih pas ngerumpi bareng temen-temen, mbahas tentang orang kaya. Beginilah kira-kira yang diomongin :

"Kira-kira, orang yang punya rumah di Galax
y Bumi Permai or Dharmahusada Indah tuh kerja apaan yak?", celetuk si A pas ngeliat rumah-rumah di sana pada guedhe-gedhe 'n super duper mewah!

"Wah, rumah gedhe paling-paling juga isinya pembantu aja, pemiliknya paling juga sering pergi!", celetuk si B.

"Hmmm, kerjanya paling-paling juga tinggal nunggu di rumah aja, ngeliat perusahaan-perusahaannya ngasilin duit!", oceh yang laen lagi...

"Enak yo rek, kari angkrem ae nang rumah, pengen tuku opo kari ngising duwik! Watuk ae yo metu duwik! Glegekan thok ae wis metu sak yuto!", kata temenku yang laen lagi. (translate : Enak ya, tinggal diam aja di rumah, ingin beli apa aja tinggal buang aer besar [maksudnya, buang aer besar, kluarnya duit]! batuk aja keluar duit! Bersendawa aja udah bisa keluar satu juta!) btw, yang setelah ini ga usah aku translate-in yak! huehehe....

"Iya, bingung mbelanjain uangnya kali ya"

"Gak mbayangno rek, mengko nang restoran pengen mangan, eh mejone kotor, nyeluk pelayane gak teko-teko, ngeroso kesuwen trus ngetokke dompet, trus kotoran nang mejo di-lap-i nggawe satus-ewu-an!"

"Mesisan ae mengko nek pilek, nge-lap-i umbel gak gawe tisu, tapi nggawe satus ewuan!"

... krik
... krik... krik... Hehehe, ya anggep aja itu cuman obrolan ga penting dari sekumpulan orang-orang yang punya impian jadi orang kaya.

Kalo dilihat sih sepertinya orang kaya tuh serba enak. Tapi sebenernya kalo dipikir, biar jadi orang kaya tuh bukan sesuatu yang gampang! Kalo pengen kaya tuh harus pinter (entah itu pinter dagang, bisnis, analisa, semuanya lah, bahkan pinter ngibulin... :D). Butuh usaha ekstra biar bisa jadi orang kaya. Itu pun masih belum cukup, masih ada faktor lucky juga meskipun cuma sekian persen aja. Nah dalam tahap menuju kesana itulah kita ditempa berbagai macam tantangan dan cobaan (halah...), dan itu semua mau gak mau harus dihadapi. Kalau kita gak kuat menghadapinya, kita bisa gagal di tengah jalan, atau bahkan bisa stress, maybe... huhuhu... Blom lagi kalo kena penyakit aneh-aneh kaya stroke, kanker, diabetes, or penyakit-penyakit orang-orang kaya laennya.

Sekarang gimana kalo orang miskin?

Mending jadi orang miskin, ga perlu mikir hal-hal yang aneh-aneh kaya di atas. Ga kena penyakit aneh-aneh, lha wong beli tahu-tempe aja susah, gimana kena diabet? hehe... Cuman ngurusin diri kita sekarang aja,('n keluarga) tanpa mikir gimana kita ntar ke depannya, yang penting sekarang masih bisa makan 'n jalani hidup. Tapi, ga enaknya kan orang miskin ga bisa ngelakuin hal-hal yang bisa dilakuin orang kaya. Ga bisa gini, gitu. Intinya kalo kita kaya, kita bisa mengendalikan sebagian power lah... Yang kaya mengendalikan yang miskin. Jadi ya menurutku lebih enak jadi orang kaya, meski harus bersusah-susah untuk meraihnya. Yah, intinya kalo kita punya keinginan terhadap sesuatu, apapun itu, tentu saja kita harus melakukan usaha entah itu gampang atau susah! Semakin susah usaha yang kita hadapi, semakin besar pula hasil yang akan kita raih.

Epilog....
Malemnya pas pulang ke rumah, sekitar jam 9 malem, lewat jalur yang sama dengan berangkat tadi. Eh, ternyata, acaranya belom selesai!!! Malah semakin rame! Malahan jalur yang satu lagi lebih banyak dipenuhi orang-orang kampung sekitar situ yang penasaran ma acaranya. Yap, sekarang acaranya malah dangdutan. Rame banget, sampe ada polisi segala yang turun tangan ngatur lalu lintasnya. Heboh deh pokoknya. Kalo dipikir-pikir, tuh anak umur setaon ngerti apa sih ma acara-acara ginian? hehehe... Dasar orang kaya, bingung mo mbuang duitnya kemana. Padahal letak rumah yang punya acara tuh di sekitar perkampungan biasa aja gitu, kontras ma keadaan sekitar.

Tapi, diambil sisi positifnya aja deh... Kalo kita dah jadi orang kaya, bisa nyenengin orang laen juga, kaya yang dilakuin tuh orang pas acara ulang taon anaknya yang masi 1 taon. Buat apa coba kalo ga buat nyenengin orang-orang sekitarnya, yang notabene orang-orang kampung biasa yang lagi butuh hiburan... :D. Mungkin dengan begitu, yang punya acara bisa dapet kepuasan batin. Maybe...

No comments: